Mengenal PVC dan Karakternya

Siapa sih yang gak kenal bahan PVC? Bahan yang sering dipake untuk pipa air ini ada dekat di sekitar kita. Tak banyak yang tahu kalau PVC sebenernya bisa digunakan lebih dari apa yang seharusnya. Nah coba yuk sekarang kita mengenal lebih jauh tentang bahan yang satu ini. Let's cekidot..
mengenal+sifat+bahan+pvc
Pipa PVC

PVC adalah kependekan dari Polyvinyl Chloride. Senyawa kimia ini guys mempunyai karakteristik yang cukup unik. Seperti namanya, PVC memiliki unsur Chlorine di dalamnya, dan karena unsur ini, PVC mempunyai sifat fire-retardant, daya tahan, dan tahan terhadap minyak dan bahan kimia. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas satu - satu.
ikatan+kimia+pvc
Ikatan Senyawa PVC

Sifat Fire-Retardant
Apa sih fire-retardant itu? Singkatnya, bisa dibilang kalau PVC ini adalah bahan yang tahan terhadap api guys. Lho? Berarti gak mempan di bakar donk? Gak seperti itu juga, hehe. Ketika kita membakar bahan PVC, kandungan klorin di dalam unsur senyawa PVC membuat api tidak mudah merambat ke bahan lain yang ada di sekitarnya guys. Sifat ini disebut sebagai fire-retardant. Karena alasan ini juga, bahan PVC sering dipakai untuk alat - alat yang ada di sekitar kita (pipa, talang air, bahkan bahan isolasi kabel).

Sifat Daya Tahan
Sifat daya tahan yang dimaksud di sini bukan sifat tahan terhadap gangguan dari cobaan hidup, atau dari gangguan mantan yang terus menghantui ya guys. Yang dimaksud di sini adalah ketahanan bahan PVC terhadap proses oksidasi di dalam kondisi atmosfer. Apa sih oksidasi? Contoh gampangnya nih guys, besi yang tidak dilindungi, kalau terpapar molekul oksigen, maka akan menyebabkan besi itu berkarat (sama ama hatimu, kalau gak ada yang melindungi, bisa berkarat juga,hehe). Nah berkaratnya besi tadi adalah karena terjadinya proses oksidasi.
Balik lagi ke PVC, bahan ini tahan terhadap proses oksidasi. Oleh karena itu bahan ini bisa tahan dipakai untuk waktu yang lama guys. Lho? Apa bedanya ama bahan plastik yang lain? Toh semua bahan plastik kan tahan terhadap karat. Tunggu dulu, proses oksidasi gak selalu berupa karat guys. Contoh lain dari oksidasi adalah ketika kita me-recycle bahan plastik. Untuk bahan plastik yang lain, ketika kita melakukan proses recycling, maka akan mengalami penurunan daya tahan pada produk hasil recycle-nya. Sedangkan pada bahan PVC, hal ini tidak terjadi. Sudah ada penelitiannya lho guys, kalau bahan PVC berumur 35 tahun, yang dipasang untuk jalur pipa bawah tanah, sama sekali gak mengalami penurunan kualitas, dan bahkan sama seperti pipa PVC baru (dari sisi daya tahannya).

Sifat Tahan terhadap Minyak dan Bahan Kimia
Selain sifat - sifat di atas, PVC juga tahan terhadap hampir semua bahan kimia guys. Asam, alkali dan hampir semua bahan kimia anorganik tidak berpengaruh terhadap PVC. Meskipun begitu, PVC bisa larut oleh bahan - bahan aromatic hydrocarbons, ketone, dan cyclic ethers. Karena sifatnya ini guys, PVC juga sering digunakan sebagai saluran gas buang, bahan konstruksi, botol, tabung dan lain sebagainya.

Nah itu kira - kira beberapa sifat dasar PVC guys. Eh iya, banyak lho kerajinan dari bahan PVC. Ini karena bahan PVC mudah sekali di dapat.

Comments

Popular Posts