Mengenal Jenis dan Ukuran Pipa PVC untuk Bahan Kerajinan

Kalau di postingan sebelumnya kita sudah mengenal karakteristik dan sifat - sifat bahan PVC, untuk sekarang yuk kita bahas jenis - jenis dan ukuran pipa PVC yang bisa kita gunakan untuk bahan kerajinan.

Baca juga: Mengenal PVC dan Karakternya

Selain mudah didapatkan di mana saja, dan tentunya relatif murah harganya, pipa PVC juga sangat mudah sekali untuk dibentuk. Ini kenapa pipa PVC sangat cocok digunakan untuk bahan kerajinan atau bahkan perabotan di rumah tangga. Seperti yang kita tahu, pipa PVC mempunyai beberapa jenis dan bermacam - macam ukurannya. Agar lebih tau tentang jenis dan ukuran pipa PVC, yuk kita bahas satu - satu.

Jenis - Jenis Pipa PVC
Secara umum, standar jenis pipa di Indonesia dibagi menjadi tiga jenis. Yaitu pipa PVC jenis AW, D, dan C.
  • Jenis AW
    Pipa PVC jenis ini adalah pipa PVC yang paling tebal. Karena paling tebal, maka pipa ini biasanya digunakan untuk menyalurkan air bertekanan. Kekuatan tekanannya bisa sampai 10 Kg/cm2. Jenis ini sangat cocok digunakan untuk kerajinan yang membutuhkan ketahanan, misalnya untuk bahan kursi, meja, dan lain sebagainya.
  • Jenis D
    Pipa PVC ini ada di kelas menengah dari segi ketahanannya. Sering digunakan untuk aplikasi yang tidak membutuhkan tekanan terlalu besar. Biasanya sih digunakan untuk saluran pembuangan dan limbah. Untuk jenis ini, bisa digunakan untuk kerajinan yang tidak begitu memerlukan ketahanan, misalnya bisa dipakai untuk rak sepatu, tempat ATK, dan lain sebagainya.
  • Jenis C
    Jenis ini adalah yang paling tipis. Jenis ini biasanya dipakai untuk pelindung instalasi kabel listrik di rumah - rumah. Untuk jenis ini, gak disarankan untuk dipakai sebagai bahan kerajinan, karena pipanya yang sangat tipis dan mudah pecah. 
Ukuran Pipa PVC
Nah, kalau sudah tau jenis - jenis pipa PVC yang ada di pasaran, yuk sekarang kita cari tau gimana sih cara memilih ukuran pipa yang cocok untuk aplikasi kerajinan kita. Aturan utamanya di sini adalah, semakin kecil ukuran pipa PVC yang digunakan, maka akan semakin lentur hasil kerajinannya nanti. Maka untuk konstruksi kerajinan yang butuh kekuatan (rigid) dibutuhkan pipa PVC dengan ukuran yang besar pula. Secara garis besar, pipa PVC yang sering digunakan untuk bahan kerajinan bisa dimulai dari ukuran 1/2" sampai dengan 2". Untuk aplikasi yang membutuhkan kelenturan, bisa dipilih ukuran 1/2" atau 3/4", sedangkan untuk aplikasi yang membutuhkan kekuatan, pilih ukuran 1-1/2" atau 2". Owh iya, ukuran pipa PVC biasanya ditunjukkan oleh ukuran inch. Jadi ketika kita hendak membeli pipa PVC, kita tinggal menyebutkan ukurannya (dalam inch) dan jenisnya (AW, D atau C).

Nah itu tadi di atas penjelasan tentang jenis dan ukuran PVC yang sering digunakan untuk kerajinan (DIY Project). Apakah kalian punya ide untuk kerajinan tangan dan DIY Project dengan bahan pipa PVC? Yuk share di kolom komentar.

Comments

Popular Posts